Kamis, 17 Maret 2011

SIMPANG JALAN


Kuliah di Universitas Widyatama Jurusan Bahasa Fakultas Bahasa Jepang angkatan 2007. Koordinator divisi Agitasi dan Propagandan Kesatuan Aksi Mahasiswa Universitas Widyatama (Kawan Widyatama). Menulis dimedia cetak nasional dan online seperti Media Indonesia, Kabar Indonesia, republika online, Kompasiana, Pemulismuda.com, inioke.com dan lain lain. Selain itu aktif blogging dengan berbagai genre seperti puisi, cerpen, fabel, fantasi, motivasi, hikmah, artikel politik nasional dan internasional, artikel kepemudaan serta kemahasiswaan di blog www.suguh-kurniawan.blogspot.com.



Pengalaman Jurnalistik Dan Menulis

* · Menjadi pembicara dalam debat mahasiswa di RRI Bandung dengan tema ‘100 hari pemerintahan SBY’.
* · Menjadi pembicara dalam debat mahasiswa di RRI Bandung dengan tema ‘Kisruh Aksi Mahasiswa Makasar’.
* · Menulis Artikel ‘Melawan Apatisme’ yang diterbitkan oleh harian Media Indonesia pada 22 November 2009.
* · Menulis Artikel ‘Menyontek, tawuran dan MTV’ yang diterbitkan oleh harian Media Indonesia pada 22 November 2009
* · Menulis Artikel ‘Menggugat Pragmatisme, Mendedikasikan Diri’, yang diterbitkan oleh harian Media Indonesia pada 28 Maret 2010.
* · Menulis artikel ‘Genderang Perang Ujung Tahun’ yang diterbitikan oleh republika online pada 31 Desember 2010.
* · Menulis cerpen ‘Hikayat Penciptaan Bintang’ yang diterbitkan oleh www.blog.gagas.net. Dimuat berkala (21 Oktober 2009 dan 28 Oktober 2009)
* Juara 1 lomba menulis esai se-Indonesia Tingkat Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Kementrian Pemuda dan Olah Raga dan Forum Lingkar Pena dengan esai berjudul, “Wayang dan Etika Kepemimpinannya.” (28 Oktober 2010)
* · Juara 1 lomba menulis esai se-Indonesia Tingkat Mahasiswa yang diselenggarakan oleh UKM Belistra FKIP Universitas Tirtayasa dengan esai berjudul “Mahasiswa Dalam Prespektif Kearifan Lokal Masyarakat Sunda.” (20 Agustus 2010)
* · Juara 1 lomba menulis artikel dengan judul ‘Menggugat Kebangkitan Pemuda Islam Indonesia’ yang di selenggarakan oleh www.ranhae.com. (2009)
* · Juara 2 lomba menulis puisi ‘Give Spirit for Indonesia 2011’ yang diselenggarakan oleh Elianie Firdauzy (11 Januari 2011)
* · Juara 3 lomba penulisan diskursus AIDS Tahap III yang diselenggarakan oleh JOTHI dengan tulisan berjudul ‘Melawan Pelanggaran HAM Terhadap ODHA’. (April 2010)
* · Juara 2 lomba menulis esai yang diselenggarakan oleh Komunitas Penulis Muda Indonesia (www.penulismuda.com) dalam rangka memeringati wafatnya Chairil Anwar dengan esai judul ‘Metamorfosa Sastra Hingga Menggugah Dan Merubah.’ (Mei 2010)
* Menulis Puisi ‘Ayano Chan No Tameni’ dan ‘Mrs M’ yang diterbitkan secara online oleh PKM SENTRA (Pers Kampus Mahasiswa Universitas Widyatama Bandung)
* · Menulis Puisi ‘Monolog batu’ yang diterbitkan oleh Jumpa Online (Pers Kampus Mahasiswa Universitas Pasundan Bandung)
* Menulis artikel ‘Menakar Kadar Kepekaan Sosial Mahasiswa Angkatan 2009’ yang diterbitkan di Buletin Mahasiswa Kawan Widyatama.
* · Menulis puisi ‘Sumpah Mahasiswa (Gaol) Endonesia’ yang diterbitkan di Buletin Mahasiswa Kawan Widyatama.
* · Menulis artikel ‘Damai? Hapus Israel Dari Peta Dunia’ yang diterbitkan di Buletin Mahasiswa Kawan Widyatama, dan lain lain



Buku Yang Telah Diterbitkan

* ‘TITIK BALIK, Menerjang Rintangan Menggapai Masa Depan’, kompilasi 18 kisah Inspiratif, diterbitkan oleh Leutika Publisher pada 2010.
* Antologi ‘Puisi Phantasy Poetica’, diterbitkan Oleh PM Publisher pada 2010.
* Antologi Puisi Festival ‘Bulan Purnama Majapahit Trowulan 2010’. Diterbitkan oleh Dewan Kesenian Mojokorto pada 2010.
* Antologi Esai ‘MAHASISWA PEMBELA HAK ASAI MANUSIA’. Diterbitkan oleh UKM Belistra FKIP UNTIRTA Banten pada 2010.
* Antologi Cerpen ‘Writters 4 Indonesia’ Vol 9. Diterbitkan oleh writters4indonesia pada 2010.



Email
: suguhkurniawan@gmail.com

Blogspot
: www.suguh-kurniawan.blogspot.com

Kompasiana
: www.kompasiana.com/suguhkurniawan

Facebook
: suguh kurniawan/sanursukur@gmail.com

Twitter
: suguhkurniawan

0 komentar: