Kamis, 17 Maret 2011

Negeri Keranda (Kumcer)


Mengenal Penulis Negeri Keranda (Kumcer)

Nun Urnoto El-Banbary, lahir di Sumenep, tepatnya di pulau terapung. Sebuah pulau kecil yang terpencil bernama Giliraja, Kecamatan Giligenting, pada tanggal 14 Juni 1980.

Pendidikan terakhir adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidkan (STKIP) PGRI Sumenep, Jurusan Bahasa dan Sastra Inonesia, pada 2007. Tulisan-tulisannya baik Non Fiksi maupun Fiksi pernah dipublikasikan di Harian Radar Madura (Jawa Pos Group), Buletin Info, Buletin Dinamik, dan Buletin Nirmala, antara lain Non Fiksi: Otokritik Pendidikan dan Peradaban Pesantren, Halal Bihalal, Evolusi Pemahaman Keagamaan, Kedewasaan Beragama, Meluruskan Tafsir Keagamaan, Sastra yang Indah:Sastra Kemanusiaan, Kebangkitan Peradaban Madura, dan Kearifan Lokal. Fiksi: Surat Cinta Buat Salama Tiana, Wanita Dongeng, Negeri Keranda, Terkekang, Pemulung, dan Abdul Rakyat.

Penulis pernah nyantri di PP. Nurul Islam Karangcempaka selama 13 tahun sambil menyelesaikan kuliah. Penulis yang pernah jatuh “cinta” dengan Helvi Tiana Rosa ini pernah menjadi Pimred Buletin Dinamik dan Pembina Buletin Nirmala. Selain itu aktif di Forum Kajian Santri Giliraja yang pernah didirikannya. Saat ini sebagai ketua cabang FLP Sumenep 2008-2009 dan tengah membangun mimpinya menyatukan penulis di Sumenep ke dalam Forum Lingkar Pena. Obsesi Besarnya adalah mengalahkan J.K. Rowling. Kritik bisa dialamatkan ke facebook: Nun Urnoto Elbanbary atau via email: urnotoelbanbary@yahoo.co.id

Untung Wahyudi lahir di Sumenep dua puluh enam tahun yang lalu. Alumnus Pon Pes Mathlabul Ulum Jambu, Sumenep ini menggeluti dunia tulis menulis sejak masuk pesantren. Hobi membaca telah menyeret dan "memaksa"-nya untuk terus menulis, terutama karya fiksi. Beberapa karyanya baik fiksi maupun non fiksi dimuat antara lain di majalah Fadilah, Permata, Annida, Saksi dan Radar Madura (Jawa Pos Group). Salah satu cerpennya, Sahabat Sejati masuk dalam Antologi Sastra Pesantren Kopiah dan Kun Fayakuun (GitaNagari, 2003). Cerpennya Lingkaran Setan menjadi juara Harapan Pertama Lomba Menulis Cerpen Islami se-Jawa Timur yang diadakan FLP Jember (2006).

Penulis yang menyukai karya-karya Helvy Tiana Rosa ini pernah bergabung dengan majalah Sastra Pesantren Fadilah, Yogyakarta sebagai reporter (Juni-Desember 2003), Sekretaris ISMU (Organisasi santri, 2001-2002), Pimred buletin Al-Itqan (2001), Pimred Majalah El-Fikr (2004), dan sekarang menjabat sebagai ketua Forum Lingkar Pena (FLP) Ranting Mathlabul Ulum, Sumenep periode 2006-2008 disela-sela kesibukannya sebagai staf pengajar di almamaternya. Kritik dan saran demi perbaikan bisa dilayangkan melalui : wahyudi_untung@yahoo.co.id atau blognya di : http://untunx83.mutiply.com/.

An-Niessa achizie, lahir di sumenep. Selain aktif di dunia kepenulisan, mahasiswi STKIP PGRI Sumenep ini aktif juga di komonitas KOSONG dan aktif di FLP Ranting 2009 sebagai sekretaris.

0 komentar: