Jumat, 02 November 2012

praktek automatic writing

 apa
itu Automatic Writing. Tidak terlalu mudah menemukan literatur
mengenai teknik ini di hypnosis sebab lebih banyak ditemukan di bagian
Okultisme. Okultisme ? Ya, teknik perdukunan. Konon, teknik ini dulu
sering dipakai dalam pemanggilan arwah, quijaboard (papan yang bisa
menulis sendiri sesuai yang diminta, seperti di film jaelangkung).
Tapii, jangan takut dulu karena yang dibahas disini bukan mistis nya
namun teknik yang ada hubungannya dengan Ideomotorik. Anda pastinya
mengenal Milton Erickson, salah satu dewa hypnosis modern. Milton
sangat sering menggunakan teknik Automatic Writing ini, bahkan untuk
menulis artikel. Milton mempunyai kebiasaan membuat artikel tengah
malam, tetapi sebelumnya harus tidur dulu. Milton menyiapkan mesin tik
dan kertas yang diletakkan disamping tempat tidurnya. Selain itu,
Milton juga meletakkan weker yang akan membangunkannya. Anehnya,
Milton merasa tidak pernah bangun tengah malam, namun keesokan
harinya, Milton melihat kertas kosong sudah terisi tanpa menyadari
Milton sendiri yang mengetik. Bahkan ada satu artikelnya yang dimuat
dalam jurnal dan Milton tidak tahu siapa penulisnya.
Milton Erickson pernah memperagakan teknik Automatic Writing pada
salah satu peserta suatu convention. Milton membuat orang itu memasuki
trance yang sangat dalam dan membuat tangannya bukan menjadi bagian
dari tubuhnya, melainkan menjadi bagian dari pikiran bawah sadarnya.
Peragaan ini membuat peserta lain terkagum.
Dikelas NGH yang saya selenggarakan, saya sharing juga mengenai teknik
Automatic Writing ini. Fungsi teknik ini adalah untuk mencari
informasi dipikiran bawah sadar yang tidak dapat tergali saat pikiran
sadar bermain. Karena saya mencegah agar pikiran sadar tidak ikut
bermain atau ikut campur maka orang tersebut akan saya minta buka mata
tetapi tetap dalam kondisi trance dan membaca buku dengan diucapkan
keras-keras. Lalu saya akan membisikan beberapa pertanyaan ke orang
tersebut yang tidak mungkin diingat saat dia sadar. Saya juga membuat
tangannya yang menulis bukanlah bagian dari dirinya. Dan menariknya
orang tersebut bisa menulis jawaban yang dia sendiri tidak sadari.
Teknik automatic writing ini, adalah salah satu teknik hypnoanalisa
selain beberapa teknik lainnya yang saya ajarkan dikelas NGH yang saya
selenggarakan. Saya selalu kagum setiap hasil melakukan automatic
writing.
Salam
A.rif
Categories:

0 komentar: